Kembali

NGOPI (Ngobrol Pelajar Inspiratif ) : Merasa Insecure ? BTS-in aja..

28 June 2021 09.09 WIB - oleh Admin
<
>

Laznas BSMU kembali mengadakan pembinaan untuk para Sahabat Pelajar Indonesia (SPI) dengan mengangkat tema NGOPI (Ngobrol Pelajar Inspiratif) yaitu ‘Merasa Insecure? BTS-in aja’. Topik ini diangkat dengan harapan peserta Sahabat Pelajar Indonesia tetap fokus pada kemampuan diri dan selalu bersyukur atas apapun yang dimiliki tanpa perlu merasa khawatir akan pencapaian orang lain.

Kegiatan dilaksanakan secara virtual melalui Zoom dan Live Youtube dengan total peserta sebanyak 2.150 pelajar. Jumlah tersebut semakin meningkat dibanding NGOPI bulan sebelumnya. Acara ini diadakan pada Ahad (27/6) dengan dua orang narasumber yaitu Wirdatul Anisa, Psikolog dan Ridho Maulana, Awardee ISDP Universitas Andalas.

Pembicara pertama menyampaikan bahwa pengertian insecure adalah perasaan tidak mampu, kurang percaya diri dan ketidakmampuan untuk mengatasi, disertai dengan ketidakpastian dan kecemasan tentang tujuan seseorang, kemampuan atau hubungan dengan orang lain. Karakteristik orang yang insecure; 1. Perasaan tertolak, tidak dicintai 2. Perasaan gelisah, tidak aman, yang kosisten 3. Perasaan dikucilkan, tertinggal, diabaikan 4. Perasaan tidak percaya, iri, cemburu 5. Pandangan negative tentang dunia dan kehidupan 6. Pesimis, berfikir terburuk 7. Pandangan negative terhadap orang lain 8. Tidak bahagia, tidak puas.

Adapun penyebab merasa insecurity yaitu penolakan atau kegagalan, kecemasan sosial dan perfeksionis. Harus diyakini bahwa setiap orang memiliki potensi yang berbeda-beda, sehingga mulailah dari sekarang untuk berhenti membanding-bandingkan dengan orang lain. Insecure dapat diatasi dengan BTS (Bersyukur Tiap Saat), dengan lisan hati dan perilaku baik itu yang bernilai kecil atau besar. Awali setiap hari dengan bersyukur agar hidup yang akan dijalani menjadi lebih baik. Berfikir positif dan senantiasa berbuat baik juga bisa membuat diri menjadi lebih bersyukur.

Pembicaraan kedua menyampaikan tentang pengalamannya menjadi seora wirausaha muda. Menurutnya pencapaian hari ini bukan berarti tanpa halangan dan tantangan tapi tetap memiliki keyakinan bahwa esok akan lebih baik.  Walaupun hari ini belum sesuai dengan yang diinginkan tetapi tidak mematahkan semangat untuk terus berusaha. Untuk mendapatkan kesuksesan kita harus berani keluar dari zona nyaman dan melakukan yang terbaik dari pilihan yang telah dipilih. Bertemanlah dengan orang-orang baik untuk saling menyemangati agar tidak mudah insecure.

Liana Asti, Kelas 12 SMAN 1 Sukaraja sebaga salah satu peserta menyatakan, “saya jadi mendapat inspirasi agar lebih bersyukur dan mencintai diri sendiri dan juga menumbuhkan rasa semangat agar tidak insecure terhadap orang lain, selalu berfikir positif juga semangat menjadi manusia yang berguna bagi sekitar”.

Rizqi Okto Priansyah selaku direktur jadiberkah.id ikut serta memberikan pesan pada acara ini, “Perasaan ketakutan, kegagalan dapat diatasi dengan 3 rumusan yaitu, Mau, Tahu dan Mampu. Yang paling terpenting kita harus bisa melawan diri sendiri untuk berubah”.