Kembali

Difabel, Tambang Emas Kebaikan Untuk Para Sociopreneurs

26 May 2019 18.06 WIB - oleh Admin
<
>

Siapa yang tidak tau disabilitas atau difabel? Ya, mereka adalah saudara-saudara kita yang memiliki kemampuan yang berbeda dengan kita. Ada beberapa istilah yang digunakan untuk menyebut teman teman kita yang kondisi fisiknya mungkin ada perbedaan dengan kita. Ada yang menyebut disabilitas atau disability dalam bahasa Inggris yang berarti tidak mampu. Ada juga yang menyebut dengan difabel alias different capabelity dan penulis sendiri lebih memilih kata ini dikarenakan dirasa lebih pas. Difabel memang beragam macamnya. Ada yang …. . walau mungkin dari penampilannya mereka berbeda dengan orang kebanyakan, namun tentu Alloh SWT sudah mengaruniakan teman-teman difabel kelebihan yang spesial. Semisalnya, bagi … diberikan kemampuan .. yang jauh lebih baik dari rata-rata orang lainnya.

Saat ini, diperkirakan hanya beberapa dari teman-teman difabel yang mendapatkan pekerjaan, sedangkan sisanya belum mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Di Indonesia sendiri, sedikit tempat bekerja yang mampu mempekerjakan difabel dengan fasilitas penunjang yang ramah difabel di dalamnya. Hal ini, tentu menjadi pekerjaan kita bersama untuk mampu menyelesaikannya bersama-sama. Karena tentu saja, teman-teman difabelpun ingin bisa bekerja sehingga mampu meringankan kebutuhannya bahkan kebutuhan keluarganya.

 

Saat ini, sudah ada beberapa perusahaan yang mempekerjakan difabel di dalam unit bisnisnya. Menjadi sociopreneur, merupakan jalan perjuangan yang mengharuskannya untuk berpikir kritis, kreatif dan solutif dalam menyelesaikan permasalahan sosial di sekitar. Jika kamu ingin menjadi sociopreneur yang membantu menyelesaikan permasalahan difabel pengangguran di tempat tinggalmu, beberapa ide kreatif ini bisa menjadi inspirasimu.

 

Media Bekerja Untuk Difabel

Dalam hal ini, pengetahuan mengenai jenis-jenis difabel merupakan kunci utama. Dari hal tersebut, kamu bisa mencocokannya dengan lahan pekerjaan yang pas untuk jenis difabel tertentu. Sebut saja untuk teman-teman difabel … maka kamu bisa menempatkannya di … .

Selain itu, sangat penting untuk membuat SOP yang efektif, efisien dan pas untuk teman-teman difabel. Selain memberdayakan teman-teman difabel, upayamu ini bisa menjadikan branding dan value dari bisnis atau produkmu. Kamu bisa menyisipkan informasi pada social media atau kemasan yang kamu produksi bahwa di dalamnya ada pemberdayaan yang dilakukan seperti Mudik Untuk Difabel, Rumah Berdaya Difabe, Sekolah Kejuruan Untuk Difabel, Beasiswa Difabel, Channel YouTube atau Social Media Difabel, Lembaga Kursus Difabel, Bisnis Inovasi Untuk Pemenuhan Kebutuhan Difabel, dan Layanan Terpadu Difabel.

Kebanyakan pelayanan umum dan perusahaan besar tentu memiliki layanan telpon atau pengaduan. Namun, ternyata layanan tersebut tidak semuanya memudahkan teman-teman difabel kita dalam mengaksesnya. Beberapa teknologi yang dapat digunakan seperti layanan aplikasi untuk keypad smartphone .  di tempat-tempat pelayanan umum dan perusahaan-perusahaan dibutuhkan untuk menerjemahkan secara tepat keluhan, pengaduan atau masukan yang diberikan oleh teman-teman difabel.

Pengajuan UU Untuk Fasilitas Umum dan Produk yang Ramah Difabel

Bagi kamu sociopreneur yang memiliki pengetahuan dan kecakapan dalam bidang hukum, maka ini bisa sekali untuk dijalani. Saat ini, baru beberapa saja yang ramah difabel. Membantu merancang, mengajukan, mensosialisasikan dan men-goal­-kan UU agar berbagai fasilitas umum, gedung-gedung pemerintahan,

 

Kenapa kita harus peduli kepada teman-teman difabel? Karena hal ini merupakan kewajiban bagi sesama manusia untuk saling peduli, melengkapi dan membantu. Selain itu, setiap kita, sekalipun kita saat ini mugkin memiliki kondisi fisik yang lengkap, namun kitapun memiliki peluang untuk menjadi difabel. Semisalnya kecelakaan yang bisa mengakibatkan kebutaan, atau patah tulang sehingga kaki atau tangan kita menjadi terbatasa menggunaannya, dan banyak lagi sebab musababnya. Di atas itu semua, menolong dan peduli sesama manusia merupakan kemuliaan kita sebagai orang-orang yang beriman yang diwajibkan oleh Alloh SWT.

Semoga artikel ini dapat memperkaya sudut pandang teman-teman sociopreneurs di manapun berada. Karena menjadi sociopreneur itu merupakan sebuah jalan  mulia yang sudah dipilih. Salam semangat !